Cari Blog Ini

Rabu, 28 Desember 2011

Habib Umar bin Hafidz

Sorot matanya tajam, raut mukanya tampak bercahaya, bibirnya selalu tersenyum mengembang, suaranya lantang, badannya yang tegak dengan dibalut jubah dan sorban yang dikenakannya semakin menambah kewibawaannya.Itulah ciri fisik Habib Umar bin Hafidz yang khas. Pribadinya santun dan rendah hati, beliau memiliki akhlak yang terpuji dan memberikan contoh yang diajarkan Rasulullah SAW dengan perilaku yang nyata pada dirinya. Beliau adalah berkah bagi kaum muslimin saat ini, beliau adalah hadiah dari Allah SWT untuk kaum muslimin khususnya di Indonesia.
Habib umar adalah seorang orator ulung, da`i yang ikhlas, setiap khutbah dan tausiah yang beliau sampaikan membuat decak kagum bagi orang yang menyimaknya. Tidak berlebihan kalau beliau dijuluki “Singa Podium”. Bagaimana tidak, setiap orang yang mendengarkan ceramahnya, sekeras apapun hatinya pasti akan menitikkan air mata, walaupun orang yang menyimaknya tidak mengerti bahasa arab. Selain da`i, Habib Umar juga seorang yang mumpuni dalam ilmu hadits, beliau banyak hafal hadits berikut matan dan sanadnya dari dirinya hingga Rasulullah SAW. Selain itu beliau juga ahli dalam ilmu tafsir Al-Qur`an, ilmu Fikih serta ushulnya dan berbagai disiplin keilmuan lainnya.
Habib Umar tinggal di Tarim, Hadramaut, Yaman Selatan. Selain aktif berdakwah diberbagai belahan dunia, beliau juga mengawasi perkembangan Pondok Pesantren “DARUL MUSTAFA” dan berbagai sekolah lain yang telah dibangun dibawah manajemen beliau. Darul Mustafa kini telah memiliki lebih dari 30 cabang yang tersebar diberbagi tempat di Hadramaut, Yaman Utara, Emirat, Hijaz, Indonesia, Malaysia.

Haul Syeikh Abibakar bin Salim Fahrul Wujud, Cidodol-Jakarta Selatan, Minggu, 26-12-2010, 08-30 WIB

Selain melakukan kaderisasi, Habib umar juga memiliki karya yang telah dibukukan, diantaranya: Is`af At-Thalibi, Ridha Al-Khalaq bi bayan Makarimal Akhlaq, Taujihat At-Thullab, Syarah Mandzumah, Sanad Al-`Ulwi, Adz-Dzakirah Al-Musyarrafah dan masih banyak lagi karya-karya beliau yang lainnya. karya-karya beliau ada juga yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dan karya beliau yang paling monumental adalah “Dhiyaullami` bidzikri Mauliduhu Asy-Syafi`” yang berisi bait-bait syair pujian terhadap Rasululllah SAW yang di Indonesia lebih dikenal dengan Maulid Habib Umar bin Hafidz. Saat ini beliau masih memegang peran aktif dalam penyebaran dakwah islam, sedemikian aktifnya sehingga beliau meluangkan hampir sepanjang tahunnya untuk mengunjungi berbagai negara diseluruh dunia demi melakukan kegiatan-kegiatan mulia. Tidak ketinggalan pula di Indonesia. Tahun 1994 M adalah awal kedatangan beliau ke Indonesia. Sebelumnya Al Maghfurlah Al-Habib Anis bin Alwi Al Habsy Solo mengeluh kepada Al Maghfurlah Al-Imam Al-`Arif billah Al-Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf, Jeddah,tentang keadaan para Alawiyyin di Indonesia yang mulai jauh dan lupa akan nilai-nilai ajaran para leluhurnya. Lalu Al-Habib Abdul Qadir pun mengutus Habib Umar bin Hafidz untuk mengingatkan dan menggugah Ghirah para Alawiyyin di Indonesia. Kini setiap awal bulan Muharram merupakan jadwal beliau untuk dakwah ke Indonesia guna memberikan nasehat, ilmu serta mengingatkan kita akan Thariqah Alawiyyin. Semoga Allah SWT menjaga kesehatan beliau, memanjangkan usia beliau, memudahkan segala urusan beliau, menjadikan keturunannya dan para anak muridnya sebagai penerus dakwah beliau dan menggolongkan kita semua termasuk sebagai orang-orang yang suka berkumpul bersama kaum Shalihin seperti beliau…Amin…amin..amiin ya Rabbal `alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar